Laman

Sunday, April 30, 2017

Sarjana dan Dunia Kerja

Info SARJANA DAN DUNIA KERJA.

Sarjana.jpg
Ada semacam dilemma antara dunia kerja dan Sarjana pada pendidikan di perguruan tinggi, yaitu antara memenuhi permintaan pasar atau bertahan dalam proses pendidikan tinggi yang ideal. Perguruan tinggi sekarang mempunyai paradigma sebagai unit bisnis yang hanya menghasilkan keuntungan dari kaum terdidik atau calon sarjana. Maka orientasinya adalah menghasilkan keuntungan dalam artian jumlah mahasiswa harus banyak. Mereka berbuat demikian karena dituntut bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan operasionalnya”. 

Berikut ada beberapa faktor yang menyebabkan sarjana sulit untuk mendapatkan pekerjaan artinya bahwa Dunia Kerja pada saat sekarang ini sudah mampu lagi untuk menerima karyawan yang mana setiap tahunnya menghasilkan lulusan sarjana atau fresh graduate
 
Sarjana Enggan Berwirausaha
Adanya kecenderungan para lulusan kita pada saat ini adalah dengan mencari pekerjaan ketika telah menamatkan studi diperguruan tinggi. Hal ini diakibatkan karena sistem pendidikan pada saat ini masih menerapkan pola pikir Abstrak artinya Sesuatu yang dilihat tidak mengacu kepada obyek atau peristiwa khusus sehingga pengangguran merupakan masalah utama yang dihadapi saat ini ketika jaman menuntut sebuah perubahan cakrawala berpikir sarjana kita saat ini. Situasi ini tidak bisa dijadikan suatu masalah untuk diperdebatkan, namun satu hal yang harus kita pikirkan saat ini bahwa Pendidikan Tinggi atau Universitas harus bisa melihat serta membaca setiap peluang ketika tuntutan jaman yang semakin hari membuat perubahan serta temuan baru diberbagai bidang. Keengganan tamatan pendidikan tinggi jaman sekarang adalah munculnya rasa "gengsi" pada diri sendiri untuk berwirausaha/berwiraswasta padahal dijaman yang serba modern sekarang perasaan gengsi terhadap pekerjaan tersebut merupakan kesia-siaan belaka. Saya sendiri merupakan alumnus pada salah satu pendidikan tinggi di Indonesia. Seiring berjalannya waktu saya sudah seringkali membawa lamaran pada setiap perusaan atau instansi namun tak kunjung di terima. Rasa stress dan kecewapun mulai muncul dalam benak saya dan berpikir apakah saya tidak pantas untuk menjadi seorang karyawan pada sebuah perusahaan? Tak berhenti di situ saya pun berdiskusi dengan beberapa teman ternyata mereka memiliki masalah yang sama yaitu susahnya diterima untuk menjadi karyawan pada instansi dan perusahaan yang dilamar. Akhirnya dengan rasa keputusasaan yang semakin berkepanjangan saya mencoba untuk membuka usaha yang kebetulan menjadi hobi saya yaitu : Menulis artikel pada blog,membuat website,service komputer dan laptop dan alhasil hingga sekarang usaha yang saya jalani cukup berkembang sehingga tidak ada kata untuk terlambat memulai.Prinsip dari sebuah kesuksesan adalah bagaimana mengubah hobi anda menjadi uang dan sukses. 

Abstraksi menyajikan secara simbolis atau secara konseptual

Pernyataan ini dapat disimpulkan bahwa 

" SEKOLAH TIDAK PERNAH MENGAJARKAN BAGAIMANA CARA BERPIKIR "

namun...........

" SEKOLAH HANYA MENGAJARKAN APA YANG DIPIKIRKAN "

Para pendidik tidak pernah membuat cara berpikir calon sarjana (kaum intelektual) berubah ketika membahas satu persoalan, namun yang dilakukan hanyalah dengan memberikan kritikan serta sanggahan terhadap setiap jawaban dari cara mengatasi persoalan yang ada. Untuk hal ini salahsatu tawaran yang dilakukan adalah dengan memberdayakan mahasiswa dengan penambahan pengetahuan dalam bentuk matakuliah yakni Mata kuliah tentang Kewirausahaan. Dunia kerja pada jaman sekarang menuntut kita untuk bisa berpikir kreatif serta bagaimana mengatasi persoalan ketika kita dituntut untuk mengatasi persoalan tersebut. 
Adanya pengetahuan tentang kewirausahaan ini merupakan jawaban atas persoalan tersebut. Disini akan kita dapatkan

baca juga : Pendidikan Tinggi Berbasis Perubahan


Pertanyaannya...?????

Apakah Mata Kuliah Kewirausahaan dapat mengubah Sumber Daya Manusia Indonesia (khususnya kaum intelektual) sehingga dapat hidup mandiri dan sukses? 

lalu,bagaimana kita mengubah cara berpikir kita tentang dunia kerja
Semoga tulisan ini dapat membantu kita yang hingga saat ini masih terus mencari pekerjaan serta dapat berubah untuk menjadi wirausahawan sukses.