Dia
bahkan mungkin mengeksplorasi matematika lanjut, hanya karena dia menganggap
itu menyenangkan atau menghibur. Anak ini mungkin akan kesulitan di lain aspek
pendidikannya. Sebagai contoh, dia mungkin berjuang dengan ejaan, atau lain
seni bahasa. Hanya karena seorang anak berbakat tidak dicap sebagai tidak
berarti bahwa belajar adalah mudah. Juga tidak menjamin bahwa tidak ada biaya
tempat lain. Anak-anak berbakat kadang-kadang merasa banyak tekanan ketika
orang tua atau guru mengharapkan mereka untuk melakukan sama baiknya dalam
semua mata pelajaran. Kadang-kadang orang tua atau guru memberian pujian dengan
mengatakan sesuatu anak seperti, "Kamu begitu pintar dalam ilmu
pengetahuan, Anda harus menjadi seorang dokter." Hanya karena seorang
anak mungkin mencari ilmu mudah dan menyenangkan tidak berarti bahwa menjadi
dokter adalah apa yang mereka tertarik Namun jika seorang anak kepada setiap
minggu, sejak usia dini, yang mereka harus menjadi dokter, karena mereka begitu
pintar, maka menjadi sulit bagi mereka untuk membebaskan diri dari harapan.
Di dalam kelas anak-anak
berbakat kadang-kadang diberikan kurang perhatian daripada lebih. Pada bagian,
hal ini disebabkan oleh fakta bahwa anak-anak yang belajar dengan mudah
diperkirakan tidak perlu individual instruksi. Siswa berbakat sering ditugaskan
sebagai pembantu siswa untuk anak-anak yang memang membutuhkan bantuan lebih
lanjut. Sementara ini sangat bagus untuk anak yang membutuhkan bantuan lebih
lanjut, itu tidak jauh pendidikan anak berbakat. Bakat bukan hanya kemudahan
belajar materi yang disajikan, tetapi juga kebutuhan atau dorongan untuk
mencapai informasi lebih lanjut. Jika itu lapar untuk pengetahuan tidak makan
dalam siswa maka ia mungkin menjadi bosan, atau bahkan marah. Hal ini dapat
menyebabkan masalah perilaku. Jawaban untuk memecahkan masalah yang tercantum
di sini mengenai anak-anak berbakat mungkin tidak sulit seperti yang
diharapkan. Anak-anak berbakat cenderung kreatif dan energik. Mereka yang
penasaran dan sering bertanya. Hal ini dimungkinkan untuk mengajarkan kepada
mereka kekuatan oleh menawarkan instruksi individual. Hal ini mungkin sulit
dicapai dalam kelas yang khas, ada cara untuk memberikan ini. Salah satu
alternatif adalah lebih kecil kelas, di mana anak-anak dapat menerima lebih
perhatian individu. Ini lebih kecil Kelas juga akan memungkinkan anak-anak berbakat
untuk mengeksplorasi kepentingan mereka dan menggali lebih dalam mata pelajaran
yang mereka baik dalam, atau memiliki pemahaman yang lebih dalam. Alternatif
lain untuk ukuran kelas yang lebih kecil adalah lingkungan sekolah rumah, di
mana pendidikan anak berbakat dapat sepenuhnya individual.
Anak-anak berbakat dapat menantang untuk
mendidik, tetapi mereka layak mendapatkan perhatian seperti siswa lainnya.
Dalam waktu ketika tidak benar secara politis untuk merayakan exceptionalism,
siswa berbakat yang terkadang tidak diperbolehkan untuk bersinar. Mereka
memiliki kekuatan, dan kelemahan, dan keduanya harus dipertimbangkan ketika
mengembangkan kurikulum. Jika kita dapat memberikan para siswa luar biasa
dengan apa yang mereka butuhkan saat ini, masyarakat akan menuai manfaat dari
kreativitas dan kecerdikan di masa depan.
sumber : www.pendidikankarakter.com
sumber : www.pendidikankarakter.com